Friday, July 26, 2013

SBMPTN 2013 : Susah Parah Ini, Beda Aja (I)

Postingan ini mungkin lebih kayak lanjutan postingan gw sebelumnya. Disini pengen ceritain tentang SBMPTN 2013 & berbagi pengalaman buat kalian2 yang InsyaAllah tahun depan bakal ngejalanin tes tes masuk perguruan tinggi. Jujur gw ngerasa tertolong banget dengan baca blog-blog orang tentang cerita-cerita mereka masuk perguruan tinggi. Masalahnya kalo pengen denger cerita dari orang tua/guru-guru, sistem yang sekarang udah beda, mau denger cerita dari kakak kelas?mereka sibuk kuliah, jadi gw juga sering2 blogwalking buat nyari tau tips-tips, perasaan, dan hasil perjuangan mereka gimana. Mudah-mudahan postingan ini bisa bermanfaat & kalian harus tau banget pokoknya SBMPTN 2013 itu gimana..!

Oh iya sebelumnya cita-cita gw itu mau jadi dokter, soalnya dari kecil udah di doktrin kali ya jadi dokter & cuman tau dokter. Pernah sih kepikiran buat jadi yang lain cmn akhirnya selalu selalu dibilangin "Udah jadi dokter aja..."

Dimulai dari beres UN 2013. H+1 gw dan temen2 les gw langsung cabut ke Super Silly Fun Land Dufan bahkan ngurusin acara jalan-jalan H-1 UN Biologi & Kimia (soalnya pas hari itu cuman 1 pelajaran). Dan Alhamdulillah dapet Bus yang murah & Dufan-nya juga lagi diskon 50 % dari promo SMS Indosat & pembelian produk Sosro. Pokoknya waktu itu puas banget ke Dufan & gak terlalu rame. Kesimpulannya
1) Refreshing-lah, sebelum terlambat, dan jangan berlebihan.
Sebenernya gw dan temen2 ngerencanain ke Dufan emang agak keburu-buru soalnya H+4 UN kita semua udah mulai intensif buat SBMPTN di NF. Kalau kayak gini mudah2an ditengah jalan ga ada keinginan buat main-main lagi & bisa fokus buat SBMPTN.

Lanjut, 2) Ikut bimbingan belajar, gabung sama temen-temen yang selalu semangat & saling menyemangati. Tiap orang mungkin beda-beda. Tapi saat itu gw bener-bener ngerasain butuh banget bimbingan belajar, buat apa?Buat cari temen belajar, ngukur kemampuan, dan cari-cari info sama motivasi. Pokoknya ini semua pilihan temen-temen & jangan ikut-ikutan. Gak ada yang ngelarang buat ikut lebih dari 1 bimbel, asalkan efektif & tetep serius (temen2 gw banyak yg gitu juga soalnya). Apa aja sih yang dibutuhin dari bimbel ?
1) Pengalaman Try Out, cara ngisi identitas yang bener (ini hal2 sepele tp hati hati lho), manajemen waktu, dan yang penting, hasilnya
2) Konsultasi untuk pilihan ke 2 dan ke 3 lu (pilihan 1 mah pastilah jurusan di PT impian, haha :D), karena kalian di bimbel juga bakal dapet info tentang keketatan masing-masing jurusan
3) Temen-temen belajar/seperjuangan, yang pastinya bakal support kalian terus & orang-orang pertama yang bakal kalian support pastinya (iyalah, tiap hari kalian bakal ketemu mereka lagi mereka lagi, dan ngeliat mereka lagi belajar lagi belajar lagi)
Dan gw sama kawan2 gw intensif selama kurang lebih 8 minggu, 7 x try out sbmptn & 4 x try out simak dan itu semua penuh sm suka dan duka.

Terus gw pengen tekenin lagi kalau semua itu bener-bener harus dijalanin dengan serius&penuh harap (optimis), kalau bisa keluarin performa 200 % karena bener-bener gak ada yang tau gimana soal yang akan keluar, gmn kondisi lu pas tes, dapet paket soal yang susah atau yang gampang, gimana kondisi ingatan lu pas tes, dan banyak faktor x lainnya. Kalau emang serius, atur waktu dengan baik, refreshing jangan berlebihan. Kalau bisa di waktu senggang lebih baik berdoa soalnya saat tes & kelanjutannya ga akan ada yang bisa nolong kecuali Allah. Refreshing belum tentu bikin kondisi lu lebih baik, tapi berdoa, kalau kalian percaya rencana Allah pasti bakal lebih indah, insyaAllah itu bakal ngebantu banget dan bikin tetep positive thinking. Karena Allah sebaik-baiknya penolong; orang tua, guru-guru, sahabat,temen2 mungkin cuman bisa kirim doa&support.

Dan satu lagi, jangan pernah putus asa kalo hasil TO dan belajar ga memuaskan, karena yang penting itu hari H. Terus berdoa & berusaha yang terbaik buat hari H SBMPTN. Itu yang selalu gw ingat, bikin gw ga pernah puas, dan mungkin gw sering ngomong gitu buat temen-temen gw yang juga kurang puas sama hasil TO nya.

Dan tibalah saat pengumuman SNMPTN Undangan, tereeng!Dipercepat 2 hari dari jadwal seharusnya (kalau ga salah). SNMPTN Undangan gw daftar FK Unpad & FK UNS , dua duanya Pendidikan Dokter. Tapi gw sangat pesimis akan undangan ini (nilai rapor ga memadai). Jujur gw di SMA belajar maksimal cmn kelas 12 aja dan buat UN (ya entah mengapa dalam hati kecil gw juga pngen keterima undangan) gw juga berdoa buat ini cuman sekali sekali, rasanya gw udh pengen nyiapin buat SBMPTN aja. Pokoknya bagi gw semua udah kayak "Apalah itu SNMPTN undangan......"
Tapi di detik detik pengumuman gw pun tetep ngerasain yang namanya sakit perut, risau, galau, berharap, dan apalah ga jelas. Dan pas di cek, hmm...


Awalnya sih biasa aja, nangis ngga, gw jg langsung ngabarin ortu dengan biasa aja. Sampai akhirnya gw buka twitter dan socmed...........Temen-temen udah pada keterima, banyak. Gw cuman baca-baca aja, ikut seneng, tapi ikut sedih juga, mungkin kalo boleh jujur, hmm iri?.. pokoknya perasaan gw berubah drastis abis buka socmed (pelajaran 3) Jangan buka socmed (apalagi twitter) kalau kondisi hati lagi ga enak). Dan akhirnya lewat twitter juga gw dapet kabar kalau tahun ini, angkatan gw, yang dapet FKUI di SNMPTN Undangan ada 2 orang. Ya Allah Alhamdulillah!Tiap tahun sekolah gw yang keterima cuman 1, ini rasanya kayak keajaiban dunia ke-8. Kalau ini asli gw ikut seneng, Put (Ayu Putri Balqis)! Dan akhirnya hari itu berakhir juga, sms-sms yang nanyain , "Gimana?" gw bales seadanya aja sambil minta doa. Dan besoknya gw masih tetep harus intensif SBMPTN, bahkan lagi Try Out.

Gw inget banget sehari setelah pengumuman SNMPTN undangan gw langsung masuk kelas pagi yang jam 7, dan di NF udah ada banyak orang (yang belum dapet rezeki di SNMPTN Undangan). Rasanya, haru banget lah. Jadi inilah temen-temen sepersenasiban & seperjuangan gw beberapa minggu ke depan. Pembicaraan ga jauh jauh, ngomongin si ini keterima disini, si itu disitu, dan lain-lain, atau sampe kaget kaget ngomong, "Kok dia bisa?" Ya..begitulah kawan, kalau Allah sudah berkehendak, ga ada yang bisa menghalangi, apalagi ini semua cuman urusan PTN.. :)

Selesai Try Out beberapa temen yang udah keterima undangan dateng ke NF, terus ketemu Puput, dan akhirnya gw ngobrol dikit sm doi *percakapan dikira2 dikit

Gw : "Put, selamat banget ya FKUI. Ikut seneng, gmn kmrn?Nangis ga lu?"
Puput : "Alhamdulillah makasih ya, Bal, Semangat! Iya, kemarin tuh gw buka abis maghrib. Pas gw buka situsnya aja gw udah nangis duluan,tapi kata nyokap "Udah coba aja dulu.."
Gw : "Wahh, kalau gw jadi lu gw juga nangis deh kayaknya" *mungkin gw bisa nangisin semaleman, haha

Dan hari-hari seterusnya cmn jadi rutinitas yang sama kayak hari hari sebelumnya, cuman, dengan perasaan yang beda, beda banget!Iya lah, sehari setelah pengumuman SNMPTN Undangan, ada pengumuman PPKB UI dan temen-temen gw makin banyak yang keterima, Alhamdulillah. Dan gw pun ikut ngerasain euforia diterima PTN. Sekitar jam 3 atau 4 sore di hari yang sama gw dkk lagi belajar di NF sambil nunggu kelas simak jam 4-an, satu persatu beberapa temen gw ngabarin kalau mereka keterima di UI, dan akhirnya sampe klimaks pas anak-anak ngumpul di ruang depan NF, mau ngeliatin hasil temen gw Indi (Almitra Indira). Dan...WAH!Langsung rame tepuk tangan, diterima Hukum UI, asli ikut seneng...dan terharu juga pastinya :D . Seketika sesaat sebelum masuk kelas intensif simak merenung dikit sambil memotivasi diri, inget tujuan utama Pendidikan Dokter semata, bukan UI, bukan Unpad, bukan UGM, dan almamater lainnya. Dan akhirnya gw masuk kelas Simak, melanjutkan rutinitas yang tertunda sesaat, hehe

Akhirnya dapet info kalau sekolah gw yang udah diterima PT udah mencapai angka lebih dari 100. Alhamdulillah...Dan gw?Ikut seneng & bersyukur aja deh. Mungkin gw & temen2 gw, terlepas dari alasan kalo almamater GAK ada sangkut pautnya dengan kesuksesan orang, punya alasan sendiri kenapa harus PTN, ngotot pengen PTN, dan gw & temen2 gw yang mau jadi dokter, cmn kejar FK nya doang. Jadi gw putuskan buat ga daftar PTS sama sekali. Gw juga bikin rencana jangka panjang kalau gak keterima FK sama sekali gw sebaiknya kuliah jurusan apa, yang jelas gak jauh-jauh & bukan suatu jurusan yang kayaknya gw bakal "keenakan" ada disana, karena gw tetep tahun depannya bakal balik lagi ke tujuan awal, daftar FK lagi. Barangkali Fakultas Kedokteran rezeki yang tertunda buat gw?Who knows, semua bener-bener ga bisa di prediksi.

Dan akhirnya gw belajar kalau 4) Jangan berhenti berharap, jangan berdoa tapi dalem hati pesimis, jangan ragu sama Allah.
Kawan, gw bener-bener ada di satu titik yang nyesel se-nyesel nyeselnya gw ga berdoa buat SNMPTN Undangan, gw sedih banget. Gw nyesel, bukan karena nilai rapor kelas 1-3 gw ga mencukupi buat masuk FK.
Gw nyesel selalu ngeluh, nyesel selalu bilang "Gue ga bakal keterima undangan.", bahkan kadang dengan bangganya, nyesel selalu "Masa bodoh" dengan SNMPTN Undangan, nyesel selama ini berdoa tapi tanpa harap.
Ya, disaat saat kayak gini rasanya cuman diri sendiri yang bisa memotivasi. Kalau motivasi dari orang lain mungkin emang "nyenangin" banget, tapi kalau yang bisa "nenangin" tetep diri sendiri. 

FKUI 2 orang. Cukup kejadian itu, bisa memotivasi gw banget buat berdoa dengan penuh harap, meyakinkan gw kalo sesuatu yang ga mungkin jadi mungkin bagi Allah, bahkan yang kayaknya ga mungkin pun mulai sekarang masuk dalam doa gw kayak "Ya Allah munculkan lah nama saya di daftar orang-orang yang diterima Fakultas Kedokteran...mungkin saja kan datanya error jadi nama hamba bisa muncul di antara orang orang itu?" dan doa doa lainnya, pastinya ga ngedoain yang buruk2 juga buat orang lain, percuma lah kalau kayak gitu :D

Dan tibalah saat acara Perpisahan Sekolah. Hmm jujur banget waktu itu mood & pikiran gw masih berantakan pascapengumuman SNMPTN Undangan, rasanya kalau bisa ga dateng mah pengen ga dateng aja. Tapi ga mungkin juga gw ga dateng perpisahan, kan itu acara yang penting pula, bisa jadi itu bakal jadi kenangan paling indah sama temen2 seangkatan.
Hmm, akhirnya sampe juga di gedung perpisahan. Seneng juga rasanya bisa ketemu temen-temen, ngeliat senyum mereka, guru-guru, dan kebersamaan 1 angkatan. Emang ga "seburuk" yang gw bayangkan sih, gw akhirnya bisa enjoy. Tapi segitu gw udah siasatin, gw bawa komik doraemon 2 biji buat dibaca, mudah mudahan bisa lupa sejenak sama urusan PTN. Akhirnya gw bisa juga kebawa suasana, ngasih selamat temen-temen yang udah diterima sana sini, saling ngasih semangat buat yang belum diterima. Tapi rasanya kalau mau ngasih selamat ke temen yang udah diterima Kedokteran tuh...hmm...Gw perlu 1 tarikan nafas napas penuh...pikirin format kata-kata yang enak buat diucapin, kontrol muka..Haha, ga sanggup lah bayanginnya, ya kira kira formatnya gini

"[sebut nama], eh, selamat ya udah keterima FK, doain gw.....*jabatin tangan dengan erat*" 

haha mungkin cmn sempet ngasih selamat ke 1 atau 2 orang temen2 deket, maaf ya lagi labil banget lah wkt itu pokoknya, cmn mau gmn lagi.. padahal Allah udah larang buat berperasaan iri, tapi mungkin ini sifat dasar manusia bgt. Cuman berharap ini semua bisa di konversi jadi energi positif, at least for me.

No comments: