Saturday, July 27, 2013

PascaSBMPTN (III) : Ajaib

H+1 SBMPTN, gw ingat-ingat kembali apa yg udh gw jalanin beberapa minggu kemarin. Alhamdulillah. Pengen mengklarifikasi beberapa hal juga di postingan ini

Ternyata, tahun ini, keajaiban ga terjadi pas SBMPTN-nya (sampe sekarang gw belum denger ada temen gw yang ngerjain SBMPTN-nya spektakuler banget, mereka, gw juga, ngaku kalo hasil TO kita kemarin-kemarin jauh lebih bagus dari SBMPTN. Tapi ternyata keajaiban selalu ada, lho :D

Denger cerita dari temen2, ikut seneng banget, akhirnya mereka dapet pilihan 1 mereka walaupun kyknya kecewa banget sama SBMPTN nya. Ini hasil perjuangan mereka:

(bisa dibandingin sama yang tertulis disini , tahun 2012..atau dari data bimbel masing masing soalnya datanya beda2)

Mochamad Mahendra (postingan dia) : FTI ITB, hasil SBMPTN kunci NF : 48%, out of 62,5 % 
Adinda Budi K.P : STEI ITB, hasil SBMPTN kunci NF : 51 %, out of 65,7%
Kartika Khoirunnisa : SF ITB, hasil SBMPTN kunci NF : 49 %, out of 54,4%

Ajaib kan? FYI, passing grade dari tahun ke tahun berubah-ubah, dan jangan percaya sepenuhnya sama passing grade, jadiin itu bahan pertimbangan aja tapi jangan dijadiin patokan yang pasti...banyak faktor x...faktor keketatan, faktor banyaknya peminat, dan lain lain.......

dan ternyata hasil gw... 42,9% out of 55%, Pend. Dokter FK Universitas Brawijaya...bagi Allah gak ada yang ga mungkin

Dan, ada lagi yang ajaib ternyata...setelah gw buka Lipsus Kompas , ngecek yang diterima di Pend. Dokter FK UB , kok banyak...dan setelah gw itung,ternyata ada...97 orang...dari kuota yang tertulis..36 orang di situs resmi SBMPTN


Oke itu tulisannya Pendidikan Dokter 40 orang tapi gw inget banget terakhir gw buka sebelum SBMPTN tertulis 36 orang ...


Pendidikan Dokter Unpad. Gw inget..banget,tadinya tertulis 50, ternyata berubah jadi 75
dan gw ngecek Pendidikan Dokter Unsri, juga 50 orang-an yang diterima, dari kuota yg tertulis 23 orang
terus gw ngecek Pendidikan Dokter UI, pas 45 orang sesuai yang tertulis.

Alhamdulillah...entah barus gmn...gw yakin ini semua ada maksudnya, cuman kita aja yg gatau. Dan gw yakin ini semua bukan terjadi di jurusan gw aja, yang lain juga pasti ngalamin yang sama. Makanya buat kalian nanti yang udh keterima SBMPTN/Jalur tulis/Undangan/apapun, ga ada alasan buat ga bersyukur. Ga ada alasan buat putus asa & berhenti berdoa , karena yang ga mungkin terjadi bisa aja terjadi..sekali lagi bagi Allah ngga ada yang ga mungkin, apalagi cmn urusan PTN.

Mungkin disini ada faktor usaha dan takdir...fifty-fifty...Kalo diibaratin pas SBMPTN gw cmn dapet 50 %, dan 50 % persen lainnya itu faktor X (takdir dan lain2 hanya Allah yang tahu)

Dan ternyata 8 Juli itu adalah akhir menuju awal perjuangan.

Gw langsung daftar ulang ke Malang sesuai tanggal yang ditentukan, dan ketemu beberapa orang yg keterima Pend. Dokter FKUB juga. Dan hampir semua yg gw temuin nanya ke gw, "Kok jauh banget kuliah ke sini?Kan ada UI, Unpad disana..."
Saat nyari kos-kosan dan si pemilik kos nya selalu melontarkan pertanyaan yang sama...
Ketika harus ngejelasin kalo gw ga diterima di FK Unpad...seketika muncul rasa bersalah masuk ke ranah orang...tapi buru2 gw buang pikiran itu.

dan ini selalu jadi penenang ketika mengingat apa2 aja yang belum gw dapatkan saat ini...
“Wahai hambaKu, barangkali kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan barangkali kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." QS Al Baqarah ayat 216

Dan ternyata gw ga lolos FKUI & FK Undip.............padahal rasanya sudah mengerahkan yang terbaik...
"Barangkali kamu tidak menyukai sesuatu,padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” QS An-Nisa ayat 19

Akhirnya,insya Allah, 2 ini yang terbaik buat gw.. Pendidikan Dokter FK Universitas Brawijaya, & Kota Malang.

Dan yang mau SBMPTN tahun2 berikutnya, pokoknya...Goodluck!Lakuin yang maksimal. Ambisi tetep boleh, tapi jangan lupa cita2 nya mau jadi apa (klo gw ambisi : FK Universitas....., cita-cita : jadi dokter) maka ketika lu kelempar ke pilihan berapapun, insya Allah ga akan galau. Dan ketika rasanya udah maksimal sampe ga bisa diapa2in lagi waktu ngerjain soal, ingat “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung” ...serahin semua ke yang Mahakuasa & jangan putus asa & ga ada salahnya disaat2 kyk gini berdoa buat keajaiban.

Terus jangan ragu buat taro "Jurusan di Universitas Impian" di pilihan pertama, asal dibarengin sama usaha maksimal. Tapi buat pilihan kedua dan ketiga, baru harus bener-bener dipikirin. Kalau bisa dimusyawarahin sama ortu, sama guru, temen2mu. Intinya jangan gegabah lah.InsyaAllah ngga akan nyesel buat kalian yang sering2 cari info sendiri (kayak baca2 blog orang, nanyain pengalaman ke kakak kelas), minta pendapat orang-orang terdekat, yg bijak juga & akhirnya tawakkal. Soalnya bisa aja rezeki kita bukan di tempat yang kita impi-impikan.

Gw yakin suatu saat nanti bakal ada masa saat kita nanyain almamater masing" cuman kayak nanyain "Lu TK di mana dulu?" intinya mungkin "Apalah arti sebuah almamater.." Tapi...kawan, would you really want to miss these moments...moment2 ketika lu berjuang bareng temen2 buat dapetin cita-cita di almamater impian, asli ini semua bakal jadi pengalaman bersama yang ga akan bisa dibeli dimanapun, apalagi ini dari SMA ke Kuliah, kenangannya insya Allah ga akan terlupakan...dan apapun hasilnya,.....

If today I lose my hope please remind me that Your plans are better than my dream...

Terakhir...cerita di 5 posting terakhir...ga ada apa2nya dibandingin kawan2 yang harus ngejalanin UMB PTN, SPMK UB, UTM, dan tes2 pascaSBMPTN...perjuangan mereka berkali kali lipat dari ini. Makanya, doakan supaya kawan2 kita diberi kekuatan & dilancarkan rezekinya...Aamiin ya Allah.

Dan makasih buat para blogger yang udah sharing-sharing pengalaman...baru semenjak SBMPTN ini aja kerasa lagi manfaat baca2 blog orang (ketika lu ga bisa nemuin langsung orangnya), ketika butuh beribu tips&trik, ketika lu butuh info-info yang ga dipublish di situs2 resmi,bisa baca di blog orang. Semoga tulisan ini jg bisa bermanfaat & maaf banget kalo ada salah2 kata. Ditunggu ceritanya buat yang SNMPTN & SBMPTN 2014.

Note : Gak ada yang tahu sistemnya tahun depan gmn, soalnya bakal lebih susah atau ngga, passing grade bakal turun atau naik, pokoknya usaha & doa dulu lah!

No comments: