Friday, July 26, 2013

SBMPTN 2013 : Susah Parah Ini, Beda Aja (II)

Oke sampe di Part II. Lama banget ya SBMPTN nya?Iya lah, gw aja ga nyangka 8 minggu itu sampai SBMPTN bakal banyak banget pengalaman, suka, duka, percakapan sama temen-temen yang ga bisa dilupain, perasaan yang secampur aduk itu. Gue kira, dulu, 8 minggu itu bakal jadi hari-hari yang flat aja, ga pake rasa macem macem.

Dan akhirnya gw harus daftar SBMPTN. Awalnya, dari awal kelas 12, gw udah punya "Pattern" *halah* buat pilihan gw, 1) FK Unpad, 2) FK UNS... Dan ternyata tahun ini ada 3 pilihan, 1 pilihan harus di regional yang sama tempat kita tes...Alhamdulillah. Akhirnya gw bingung pilihan 3 harus apa, tapi akhirnya gw putusin pilihan 3) FK Unsri.

Nah.
Sambil ngecek-ngecek Matriks Bantu Pemilihan Jurusan, tiba-tiba gw galau nih buat pilihan 2 gw, sebenernya bukan galau sih, tapi kayak ada perasaan "Gw pengen juga nih kuliah di kota ini..." Malang, disitu ada FK Universitas Brawijaya. Setelah gw pertimbangkan, liat data "passing grade" nya dari NF, ngobrol sama guru BIP. Oke. Fix, katanya itu lebih aman buat gw, dan gw juga seneng sama suasana Kota Malang (baru 2 x sih kesana tp kunjungan itu mungkin bikin gw terkesan bgt sama Kota Malang). Intinya, gw watir banget sama kuota FK taun ini. Tertulis FK Unpad 50 orang, FK UNS 90 orang, FK Unsri 23 orang. Dan FK UB 36 orang. Tapi katanya lebih baik pilih FK UB?Tapi kuotanya dikit.Dan gw tanya-tanya beberapa kali ke guru gw, mungkin juga beberapa temen cuman buat denger jawaban yang sama, "Ya, Bal, mending FK UB". Dan orangtua pun mendukung gw kuliah keluar Jawa Barat. Alhamdulillah.
Akhirnya pilihan gw 1) FK Unpad; 2) FK UB; 3) FK Unsri. Fix.

Saat itu sempet juga terpikir, kalau kayaknya temen-temen gw pilihan 1 nya memang di benar-benar yang paling tinggi passing grade nya buat jurusannya, tapi gw yang pilihan 1 nya FK Unpad (dibawah passing grade nya FK UI, UGM, Unair) masih was was...was was banget. Gw bener-bener ga bisa memprediksi hari H gw bakal kyk gmn. Gw suka ga bisa ngotak ngatik soal hitungan, TPA maksimal cmn bisa ngisi 64-an dari 75 soal, mau ngisi Bahasa banyak..takut salah, soal Biologi? Ga tau yang keluar begimana, pokoknya was was lah, tapi gw tetep berdoa & sebisa mungkin ga ngeluh. Oh iya sebisa mungkin jangan ngeluh, 5) Selalu anggap setiap keluhan yang keluar dari mulut menjauhkan kita dari cita-cita kita sebanding dengan banyaknya keluhan itu. Hati-hati lah kalau ngomong intinya.

Oh iya terus ngomong2 passing grade, gw gatau itu bener adanya atau ngga, kyknya sih cmn nilai terendah yang harus dicapai buat masuk ke jurusan itu, bukan maksud ngebanding-bandingin...Panitia SBMPTN setau gw ga pernah ngasih datanya gmn2, mungkin ini hasil prediksi bimbel bimbel..soalnya, cmn ini yg bisa dijadiin bahan pertimbangan, dan kita ga akan pernah tau nilai kita kayak gimana di SBMPTN, ga kayak passing grade SMA atau SMP yang diumumin jelas-jelas berapa NEM terendahnya buat masuk situ.

Akhirnya waktu ga kerasa berjalan, sampe juga SBMPTN. Tapi hari hari tenang gw rasanya terganggu karena H-1 SBMPTN gw harus CAP 3 Jari ke sekolah . Sama, masih dengan kondisi mood campur aduk karena besok SBMPTN, tapi seneng bisa ketemu temen2, sekaligus ngasih selamat ke beberapa temen yang belum sempet gw kasih selamat.

Seneng juga sih dapet balasan dari mereka kyk, "Semangat Bal!Ditunggu ya di FK....." , "Semangat Pak Dokteer", emang nyenengin sih, tapi kalau dipikir ulang itu masih jauh jauuuuuuh banget,atau "Kalau udah belajar mah pasti dapeeet lah" tp selalu inget lg padahal gak ada yang "pasti", kecuali faktor x...dan takdir. Pokoknya saat itu walaupun cuman dibilangin "Semangat" rasanya udah berarti banget, apalagi kalo ditambah2in doa yang lain..akhirnya beres cap 3 jari mampir dulu ke NF bentar, terus balik, survei ke tempat tes...oh iya apa aja sih yg harus di survei buat SBMPTN ?

1. Lokasi, datengin langsung tempatnya, jangan cuman liat plang nya aja
2. Masuk ke lokasi, kalau ga dibolehin?Paksain...kalau ga dibolehin juga, ya mudah-mudahan ga kenapa2. Soalnya gw nyaris ga dibolehin masuk, cuman karena ada Bapak2 kyknya dari panitia SBMPTN masuk, gw jadi dibolehin masuk juga, aneh -_-
3. Cari ruangan, liat kondisi meja, pastikan nomormu tertempel disana, kalau ga keliatan minimal nomormu ada di pintu. Jangan lupa liat jam dindingnya jalan atau ngga. Tapi lebih baik, jalan atau ngga jalan jam dindingnya tetep bawa jam tangan, tapi jangan yang digital.
4. Cari toilet terdekat
5. Cari ruang panitia. Oke ini ga gue lakuin tapi kalau denger pengalaman temen gw katanya ada yg lupa isi kode soal, harus ke ruang panitia dulu buat ngubahnya. Penting juga sepertinya

Oh iya untuk Stationary :
1. Siapin pensil 2b yang UDAH diserut yang banyak, kalau bisa minimal 5 dah
2. Penghapus yang berkualitas, ukuran agak gede dikit, kalau kecil bawa 2
3. Jangan pernah pake pensil mekanik, jangan..pernah...walaupun gw ga tau ini bener atau ngga, tapi .. jangan pernah pake pensil mekanik, seberkualitas apapun.
4. Tisu barang 2 atau 3 helai. Takut tangan keringetan/LJK basah, kalau ingusan sih tetep pake saputangan haha
5. Pulpen, pastinya
6. Tempat pensil yang ada seletingnya, biar bisa naro jam tangan disitu kalo kalo ga dibolehin pake. Waktu gw sih ga ada larangan, tapi gw taro jam tangan gw (jangan yang digital lho) di dalem tempat pensil gw, jadi bisa diintip intip,penting banget, buat orientasi waktu. Pokoknya bakal kejar-kejaran sama waktu.
7. Jam weker, dapet tips dari guru bimbel kalo ga dibolehin pake jam tangan apapun, pake jam beker aja, tapi gatau deh, ini kalo udah ga boleh banget banget kali ya?Oh ya jangan lupa samain waktu sama waktu yang di lokasi.
8. Jangan lupa semua air dari perut baik yang berupa padatan atau cairan dikeluarin dulu di rumah !!!!

Dan sisanya, perhitungan waktu dari rumah ke lokasi bisa dilakukan masing2, dan tips dari bimbel/guru masing-masing. Gw gak tahu gimana kalau di kota-kota yang relatif besar kayak Jakarta, atau Bandung. Kalau gw kebetulan dapet tempat yang ga terlalu jauh dari rumah. Jadi ga banyak pengalaman yang bisa gw bagi dari sini..Hmm oh ya sistem pemilihan tempatnya itu di acak, walaupun pengen disama samain waktu ngeklik "Daftar" nya sama temen2 lu tetep aja ternyata dapet tempat yg beda, itu ide paling tercemerlang emang haha :D. Mungkin karna gw di Bogor jadi tempatnya ga terlalu bervariasi, atau mungkin ada region-regionnya sendiri dan kita ditempatin di suatu region sampe penuh dulu baru pendaftar setelah kita dapet region yang lain. Gak tau lah.

Inilah H-1 SBMPTN, hari yang ditunggu tunggu tapi ga pengen berjumpa dengannya, hari penuh perjuangan ....buat tidur. Akhirnya yang gw takutin pun bener-bener terjadi. Gw susah tidur. Padahal gw udah antisipasi masuk kamar dari jam 8, gw udah ga tidur siang, tetep aja susah. Pokoknya tiap ada event2 penting suka susah tidur, kayak H-1 UN (gw kyknya UN tidur diatas jam 11 terus, gara2 pake tidur siang), bahkan H-1 ke Dufan abis UN aja gw masih susah tidur -__- . Tapi gw mulai menyugestikan diri sendiri kalo yang penting itu kualitas tidur nya bukan lamanya tidur, lagi2 harus berdoa.
Alhasil gw baru tidur jam setengah 2 malem, cuman bisa gogoleran dikasur ga jelas like 7 hours ...Hmmm

Hari H SBMPTN
Yak, 5 AM wake up in the morning.......rasanya... segar bugar walaupun tidur bentar bgt kyknya. SBMPTN mulai jam 07.30, gw berangkat jam 06.30, Alhamdulillah sekeluarga nganterin, dan dijalan sambil nyetel instrumental lagu-lagu perjuangan Halo Halo Bandung, Dari Sabang Sampai Merauke, Tanah Air, haha pas banget lah pokoknya.
Akhirnya sampe lokasi..gw masuk gerbang dalemnya, dan...hening.............................Banyak orang, tapii...hening, ga ada suara orang ketawa, muka orang tegang semua, pokoknya ujian mental udah mulai banget dari sini. Akhirnya gw sampe di lantai 3, tempat ruangan gw, terus ketemu temen 1 sekolahan gw Panjul (Naufal Wahyudi), Helmy (Helmy Mubarak), akhirnya ngobrol-ngobrol ajalah, sambil nanya-nanya dikit. Gw ngeliat orang-orang masih pada belajar, dan itu yang gw lakuin selama ini, belajar sebelum tes. Tapi ngga buat SBMPTN, mungkin khusus SBMPTN dan tes tes yg superpenting lainnya, katanya sih ga bagus, cuman ga tau, tapi emang itu bukan saatnya lagi buat belajar. 6) Sekitar H-2 SBMPTN, kurangin intensitas belajar, kalau mau berhenti belajar sama sekali juga gapapa, tapi tingkatin doa & ibadah, jangan refreshing yang aneh-aneh.
Akhirnya masuklah gw ke sesi pertama, Tes Potensi Akademik...Hmm..tegang sih, tapi ya mau gimana lagi.......Dan ternyata jam di ruangan gw ga jalan, Alhamdulillah gw bawa jam tangan yang ditaro di tempat pensil. Dan akhirnya gw ngisi TPA, udah gw kerahkan yang paling maksimal rasanya, tapi yg keisi 61 nomor (target 75) dan kebetulan TPA nya gak ada soal gambar, terus ga jauh beda sama soal2 TO di NF kemarin. Dan akhirnya gw sadar "Mungkin ini yang namanya batasan" tapi terlepas dari batasan itu, bisa jadi segitu rezeki dari Allah buat gw hari itu, dan akhirnya gw keluar ruangan, "Ah setidaknya...............ini yang terbaik."
Oh ya mau ngasih tau..
7) Jangan sampai salah ngisi identitas. Gw review lagi biar ga ada yang kelewat 
1. Isi nama sesuai yg tertera di kartu peserta
2. Isi nomor peserta
3. Kode soal masih dalam keadaan kosong *keep in mind, jangan sampe lupa*
4. Terus kalau wkt gw yang ditulis itu tanggal lahir, bukan tanggal tes
5. Tulis pernyataan dengan lengkap, kalo bisa sih di persis-in posisi kata-katanya
6. Jangan lupa tanda tangan 1 dan 2 harus sama *yaiyalah*, maksudnya kalau ada perbedaan jgn kontras bgt gitu..
7. Sambil nunggu soal dibagi, cek ulang. Cek semua nya, nama, no. peserta, tanggal lahir bener ngga, terus cek ngelingkarinnya pas gak, kalo bisa di terawang LJK nya ke arah lampu ngelingkarinnya udah tebel belum. Pokoknya cek berulang-ulang, gak akan ada yang ngelarang, sampe soal bener-bener dibagiin soalnya.
8. Dan ini mungkin yang tricky banget, pas soal udah dibagi, langsung tulis kode soalnya !!!! Biasanya sering lupa gara2 ngecek - ngecek soal dulu, atau malah ada yang langsung ngerjain. Mungkin iya sih bakal lebih bijak kalo dicek dulu soalnya dalam kondisi lengkap atau ngga, tapi setidaknya tulis dulu kode soalnya. Mungkin kalo takut soalnya bakal ga lengkap atau gmn bisa dicek dulu baru dilingkarin. Pokoknya cmn mau ngingetin kyknya masalah lupa nulis kode soal yang paling sering terjadi. 

Bahkan abis SBMPTN gw pun masih ragu apa gw bener ngisi kode soal..atau salah..atau ga sama sekali. Pokoknya tergantung strategi masing-masing lah, asal jangan lupa. Jangan pernah ngerjain soal sebelum identitas keisi semua.

Oke lanjut cerita, Sebenernya sebelum SBMPTN gw udh komitmen sama gw dan beberapa temen gw ga bakal nanya, "Ngisi berapa lu?","Yang ini gimana?", apalagi nanya, "Gimana tadi?" Beuh pertanyaan terakhir mah mencakup semuanya. Tapi iseng punya iseng, akhirnya gw ngobrol sama Panjul

Panjul : "Ngisi berapa, Bal?"
Gw : "*Jleb* *Agak terusik sebenernya hha* 61...Lu pasti ngisi semua?!"
Panjul : "Iya, Alhamdulillah."
Gw : "Tapi soalnya mirip mirip soal TO yah, gak ada soal gambar."
Panjul : "Iya, kalau soalnya selevel gini selanjutnya mah mudah-mudahan lancar terus lah."
Gw : "Aamiin" *optimis bakal lancar*

Lanjutlah ke tes berikutnya, Tes Kemampuan Dasar Umum. Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Target masing-masing lebih dari 10.
Akhir ngerjain..awalnya matdas dulu, ngerjain soal-soal yang persamaan dulu, logaritma, fungsi komposisi,..ngeliat soal matriks..tapi ORDO 3 (jarang bgt gw ngerjain soal kyk gini)...ngeliat soal deret...kotret..kotret..ga nemu. Akhirnya wkt itu cuman bisa ngisi 4, lanjut ke soal B.Indonesia...oke tipe soal sama kyk SBMPTN sbelumnya, cuman tahun ini ada pertanyaan tentang skema yang tepat dari suatu wacana...oke paling gw cmn isi 3 atau 4 dulu, lanjut ke soal bahasa inggris...ADA TEKS RUMPANG, which is BUKAN TIPE SOAL SNMPTN TULIS tahun tahun sebelumnya banget, gw isi 1, tapi gw apus lagi (padahal jawabannya bener ternyata) dan akhirnya gw juga cuman bisa ngerjain 3 atau 4 soal.

JLEB! Gila...ini jauh banget dari target! Gila, mental gw udah keganggu bgt wkt itu, gw ga tenang, gw cmn bisa gerak2in kaki sesering mungkin biar ga terlalu tegang, bahkan kyknya ada sekitar 2 sampai 3 menit gw blank dan ga mikirin soal sama sekali alias cmn megang pensil doang, ngeliatin pengawas, sambil berdoa....Akhirnya gw coba tenangin diri, inget Allah, inget orangtua, inget orang2 yang udah nyemangetin, inget FK...gw coba ulangi lagi kerjaan gw...Akhirnya gw paksain..akhirnya Matdas dapet 8, biasanya jg gitu sih tapi fix bener semua (dan di SBMPTN gw tau fix salah 1 sesaat setelah LJK gw dikumpulin karena 1 nomor terakhir yang gw itung keburu-buru, soal pertidaksamaan yang ngerjainnya cmn "dimasuk-masukin"). B. Indonesia cmn bisa isi 8 dari yang biasanya belasan, B.Inggris bisa isi 11 (ok ini memenuhi target, satu-satunya)

Keluar ruangan, muka udh pias, tarik nafas...Ketemu Panjul dan Helmy, akhirnya ga bisa banget ga nanya&ditanya "Gimana?" Gw cmn bisa jawab "Susah..banget, kok aneh ya?" *gw kira gw doang yang ngerasa kesusahan, takut salah ngomong ceritanya*
Terus kata temen gw Panjul, "Ya Bal emang susah banget, gw cmn bisa ngisi sekian dan sekian...Lu tau sendiri kan biasa nya gw ngisi dasar gimana?"
Oh ya temen gw ini emang bener bener maksimalin nilai di TPA & TKDU nya biasanya, pokoknya pada punya strategi masing-masing lah.
Akhirnya di lapangan sekolah tempat gw tes kita temen2 1 sekolahan kumpul, ternyata terjadi percakapan yang ga bisa dihindari, nanya" gmn..yah gw cmn bisa jawab seadanya, "Lebih lebih dari TO. Gak kayak TO." *fix soalnya emang susah*
Dan datanglah temen2 gw yang tesnya di beda lokasi cuman deketan, terus ketemu lagi sama Regia (Regia Purnama), mungkin ngeliat muka gw pias ngomong, "Hey, Bal, I know what you feel. Sama kok."
Terus gw bales, "Haha, pokoknya I know what you feel, you know what I feel lah. Gila emang haha."
Akhirnya gw keluar, kondisi jalanan depan lokasi SBMPTN macet, terus ketemu lagi sama temen gw yg lagi bermacet-macetan dengan Scoopy-nya, Okep (Adinda Budi), langsung dia nanya, "Bale gimana?" . Waktu itu dia lagi di tengah jalan tapi berhubung jalanan lagi macet gw samperin dia ke tengah jalan,
"Kep, gw matdas ga ngisi sampe 10..." *biasanya kita pake patokan matdas buat ngukur bagus/ngga nya TO*

Okep : "Sama Bale, gw juga..."
Gw : "*speechless* Yaudah pokoknya semangat lah buat besok!"

Dan akhirnya gw bisa ngambil kesimpulan kalo soal SBMPTN 2013 ini...lebih susah daripada SNMPTN Tulis taun2 sebelumnya, mendengar keluhan temen-temen yang biasanya bisa gila-gilaan ngisi matdas. Cuman berharap soal TKD SAINTEK besok lebih mudah, bisa aja kan? Dan gw langsung pulang ... di rumah pun sempet penasaran sama soal Matdas, tapi udah gw kotret kotret...tetep ga nemu jawabannya,..........Ok fix ini bukan salah gw *apalah*

Dan gw sama temen-temen gw udah komitmen ga mau nyocokin jawaban kita sama kunci jawaban gw, karena kita niatnya masih tetep mau fokus buat SIMAK & Utul. Waktu itu sih mikirnya, kalo banyak yang bener, takut "takabur", kalo banyak yg salah, takut down...tapi tiba2 temen gw sms,

Okep : "Bale besok ke nf yu abis sbmptn"
Gw : "Ngapain?Gw ga tau ya, emang lu mau nyocokin kunci?"
Okep : "Iya, soal kayak tadi bikin gw berubah pikiran. Semangat lah buat hari keduanya."

Oke fix, lagi2 kayaknya gw bakal ngelanggar komitmen gw sendiri,nyocokin kunci.
Dan akhirnya sampailah di malam hari, gw tetep susah tidur. Gw tidur kayaknya jam 1 an...Tidur..
dan sekitar jam 3-an tiba2 ada Misscall dari temen gw, Alhamdulillah. Walau waktu itu sempoyongan banget karena baru tidur 2 jam-an dan itupun penuh perjuangan, tapi makasih banget udah bangunin buat tahajud. Akhirnya gw babatin lah. Terus gw tidur lagi...dan sekitar jam 4, ada yg misscall lagi temen gw yg lain!! Terus gw angkat (gw kira ada apa...), terus dia tutup, terus gw baca sms gini dari dia,

"Assalamu'alaikum! Tahajud yuk frens. Nanti anda-anda yang super ini ku miskol. Jangan diangkat! Kalo diangkat, gue tunggu di depan gerbang."

Dan ternyata dia juga mau bangunin buat tahajud. Entah rasanya waktu itu campur aduk, terharu, seneng, ngantuk, lemes, pusing, dan penasaran  maksudnya "Gue tunggu di depan gerbang" apaan *gw takut kenapa-napa, soalnya gw angkat telpon dia* . Akhirnya gw bales "Makasih banyak udah bangunin , maaf bgt tadi gw angkat,....."
Terus dia bales lagi, "Berarti ntar gua tunggu depan gerbang hahahahaha." oke balesan gini malah bikin makin gw anggep serius, akhirnya gw tidur lagi. Dan..sangat bersyukur ada yg bangunin, pokoknya makasih banyak banget buat kalian, makasih banyak :)

Akhirnya, SBMPTN Hari 2
Yak, 5 AM Wake up in the morning, bedanya hari ini kepala gw agak pusing. Akhirnya mau ga mau gw minum Paracetamol. Hmm, watir juga sih, apalagi hari ini Saintek, tapi yaudahlah mau gmn lagi. Yakin aja.
Hari ini tes mulai jam 07.45, gw berangkat jam 07.00 dari rumah (agak telat soalnya abis shalat subuh gw tidur lagi). Dan gw sampe lokasi jam 07.30. Alhamdulillah
Lewat lantai 1, masih rame sama orang-orang, lagi pada belajar kebanyakan
Naik ke lantai 2, masih rame juga dengan orang-orang yang mukanya nervous
Sampai lantai 3,...UDAH KOSONG............
Ternyata di lantai 3 masuk duluan, pas gw masuk kelas udah dibagiin LJK, oke hal hal kyk gini ternyata juga agak ngeganggu mental saat tes. Gw takut dicatet di berita acara kalo gw telat. Tapi waktu itu belum bel. Akhirnya woles aja, gw lanjut ngisi identitas. Terus soal akhirnya dibagiin. Dan...wah...gw coba kerjain dengan alur Biologi-Kimia-Fisika-Matematika IPA-dan akhirnya ngacak. Oke hari ini gw bisa lebih tenang daripada kemarin. Tapi saat itu yg dipikiran gw, "Susah.", "Tenang." .
Kira-kira yang bikin gw surprised banget, soal kimia ada narasinya (kayak soal IPA terpadu SIMAK), dan itu bener-bener bikin down bgt, ga nyangka bakal ada soal kyk gini, terus masalah satuan, biasanya selalu belajar bagian tekanan kalau ngga pake atm, pascal. Tapi pake torr, yaiya sih ternyata 1 atm itu = 760 torr, sesimpel itu...cuman gw ga kepikiran saat itu, sama banget kayak wkt gw ga bisa ngerjain soal matdas matriks ordo 3..bukan suatu hal yang familiar buat gw, walaupun mungkin gw sempet tau...

Terus Biologi, ada soal tentang tumbuhan C3, C4, CAM, gw udah mati2an belajar seluk beluk nya soal tentang ini, yang selalu di ajarin di sekolah, bimbel, paling ga jauh2 dari "Proses" fotosintesisnya itu sendiri, dan substrat substratnya gw jg udh hapal, at least sesuatu kyk PEP, RuBP, AOA, APG udah gw pol polan banget dihapalin...Tapi ternyata yang ditanyain, "Mana pernyataan yang salah?" dan disitu ada tentang efisiensi dari setiap tanaman...sesuatu yang GAK pernah digubris baik disekolah, di bimbel, dan sama temen-temen pun. Tapi rasanya gw pernah baca, bukan di buku sekolah, bukan di buku bimbel pula. Akhirnya gw pilih jawaban "Fiksasi CO2 pada tumbuhan C3 lebih efisien dibandingkan pada tumbuhan C4." ini pernyataan yang salah
(Dan setelah gw cek di rumah cari-cari referensi, jawaban gw kayaknya ternyata bener. Dan kunci jawaban NF juga ini bener, tapi ada kunci jawaban bimbel lain yang beda juga. Ah, setidaknya gw ga menyia-nyiakan soal itu).
Dan Matematika IPA,.....cuman isi 2, itu pun emang soal yang standar banget, vektor & bangun ruang (kubus pula)...

Dan akhirnya SBMPTN pun beres...Hmm..1 tarikan napas lega, walaupun ngisi dikit, ga sesuai target (ga ada yang gw isi sampe 10 nomor). Tapi gw harap jawaban gw bener semua. Masih ada Simak, masih ada Ujian Mandiri, dll. Gw tenangin diri.. Keluar ruangan, ketemu temen-temen, dan ngeliat muka temen-temen pada pias juga.

Asli ini ga banget. Rasanya kayak gw udh 11 x ikut TO di NF (SBMPTN&Simak), tapi pas ngerjain SBMPTN udah kayak TO yang pertama banget performa gw. Aneh. Campur aduk. Rasanya usaha ga kebayar. Gada satupun soal yang sama keluar. FYI, gw dan temen-temen gw selalu di bilangin kalo "Biasanya kalo yang try out ngisinya 7 nomor pas SNMPTN tulis bisa sampe belasan." , "Soal SNMPTN Tulis ga bakal sejahat soal TO." dan lainnya. Tapi ternyata nggak. Dari semua TO yang gw ikutin, bukan cmn di bimbel gw doang, kyknya soal SBMPTN 2013 udah paling klimaks banget. Gak. "Gak ada lagi cerita keajaiban bakal terjadi pas "SBMPTN" buat tahun depan. Gada lagi cerita soal asli bakal lebih gampang dari soal TO." pikir gw...

Akhirnya abis ngobrol ngobrol dikit sama temen gw pulang. Pas keluar gerbang udah disodorin brosur aja dari bimbel bimbel...dan pas liat dibaliknya...udah ada kunci jawaban TPA & TKDU..Ah. Tahu aja yang kita butuhin.

Dan akhirnya, gw pulang. Temen-temen banyak yang ke NF buat nyocokin kunci jawaban dan setor jawaban, hmm...

Pas dirumah, gw buka soal TKD Saintek, gw taro meja...terus gw taro soal SNMPTN Tulis 2012 di sebelahnya, gw perhatiin satu satu...gw coba amati, seobjektif mungkin....oke. Ini..lumayan..jauh. Tingkat kesulitannya, bagi gw. Ga tau sih, tapi menurut gw gitu.

Dan tiba2 mata gw tertuju pada jawaban Matematika IPA gw...rasanya ada yang aneh...aneh....dan ternyata...gw salah nyilang jawaban....Astaghfirullah...Padahal gw cuman jawab 2, dan ini fix banget bener 1 salah 1, Ah!Sudahlah. Akhirnya waktu itu langsung tidur siang, bangun bangun udah tenang lagi & langsung ngeprint-ngeprint soal SIMAK UI.

Dan berakhirnya cerita SBMPTN 2013. Kesimpulannya, Susah parah ini, beda aja...be..be..beda ajaaa

sampe ketemu di postingan selanjutnya "PascaSBMPTN"

No comments: