Monday, May 6, 2013

just a note (hari hari pascaUN) : positive thinking dan jangan membatasi diri !

ga terasa ternyata udah sekitar 2 minggu ga ketemu temen2 sekolah, entah knp rasanya aneh jg kalo inget ada temen yg tdnya sering ngobrol tiap hari, skrg jd ga pernah ketemu lg. Ada juga yang tadinya ga terlalu kenal malah jd sering ngobrol karena 1 tempat les...anehnya, entah knp setelah UN gw bener2 males buat sekedar dtg ke sekolah, padahal setiap hari gw ada di sekitar situ

Bahkan gw ngerasa kalo dateng ke sekolah itu sesuatu yg salah, terlebih klo hrs pk seragam..yaampun murid macam apa saya ini haha, pdhl sekolah itu benar2 berjasa buat gw sampe terbentuklah gw yg seperti ini. Tapi ga bisa dipungkiri gw kangen bgt suasana belajar di sekolah, duduk2 di koridor dan ngobrol sm tmen2, nontonin acara2 Smansa Day, dll. Mungkin karena emg belum ada kepentingan lg sama sekolah jd gw emg ga ada tujuan kalau dtg ke sekolah...terakhir dtg pun nonton acara SIA n Enthusiastic dan itu refreshing bgt lah!

Selain itu gw juga ngerasa...hmm..semacam ritme hidup yang sangaat teratur pascasekolah. Gw tidur cukup, belajar dapet, mainnya juga dapet, ketemu temen2 juga masih, punya wkt buat lari pagi, atmosfir persaingan juga ngerasain, bahkan ngerasain "tensi" yang lebih dr wkt jaman2 persiapan UN.Mungkin ga selamanya keteraturan ini bakal berdampak baik buat gw, karena ya...mungkin ini yg dinamakan "comfort zone" . Ya, gw ngerasa gw sedang berada di comfort zone bangeet sekarang!

Terus buat masalah hasil UN dan SNMPTN, yaa gw bener2 tawakkal sm 2 itu, dan 2 hal itu bukanlah topik pembicaraan dan pemikiran gw sekarang2 ini. Mudah2an apapun hasilnya itu yg terbaik buat gw, dan gw pun jg bisa cepat2 mengambil hikmah dari apapun yg terjadi di penghujung mei nanti. Aamiin

Hal lain, tentang positive thinking dan batasan diri.
Ternyata 2 hal yang selalu ditekankan selama gw sekolah di smansa akhirnya harus gw aplikasikan jauh lebih banyak lg sekarang ini, daripada saat gw msh di sekolah.
Pengen cerita dikit tentang pengalaman TO TO sbmptn. TO TO terakhir, peringkat gw turun drastis dr pas TO pertama. Sedih sih, bgt, bahkan gw sempet agak pesimis karena gw ngerasa progress yg menurun. Tapi lagi2 gw harus positive thinking. Selidik punya selidik, ternyata bkn progress gw yang turun, tapi nilai semua temen2 gw yg naik drastis. Padahal kita sering banget belajar brg...
Dan setelah gw liat2, ternyata nilai gw sebenernya naik, tapi ga sedrastis yg lain..
Terus sempet mikir, "apa bener...cmn segini kah kemampuan gw buat saat ini?" dan tiba2 inget tentang batasan diri.
Akhir akhir ini juga gw sering mempertanyakan sejauh mana kemampuan gw sebenernya,khususnya di MIPA dan TPA. Dan gw ngerasa kalau untuk hitungan, khususnya MTK, TPA, dan Fisika,penalaran gw masih kurang. Seringkali ngerasa kyk gitu, dan akhirnya memaksa gw buat benar2 menghapal prosedur penyelesaian soalnya tanpa gw ngerti apa yg sbenernya gw hitung. Tapi kalau kyk gitu terus, kalau soalnya di ubah dikit, gw udah ga bisa ngeaplikasiin lagi apa yg udh gw hapalin. Tapi gw pikir cara kyk gtu yg paling gw bisa pake saat ini, ditambah sering2 latihan soal.

Buat pelajaran Bahasa, hmm no comment, cuman kadang gw ngerasa cape buat nyamain "persepsi" kunci jawaban dan jawaban gw pribadi...tp overall, no problem lah...bukan sesuatu yg buat dikeluhkan (karena udh bnyk ngeluh ttg bahasa dari sbelum UN mungkin, dan itu ga nyelesein masalah, solusinya cmn sering2 latihan soal dan berusaha buat dapet "feeling" si pembuat soal).

Dan buat pelajaran Biologi, pelajaran yg paling gw seneng....Entah knp gw ga bisa berharap bnyak sama pelajaran ini. Soal biologi yang keluar di tes tes tertulis bener2 ngga bisa ditebak. Misalnya aja gw hapal semua tentang fungi, tapi ternyata yang keluar malah soal tentang mutasi yg belum gw kuasai, dan kondisi kyk gtu gw cmn bisa skip soal itu atau nekat, ga bisa dihitung, atau diapa2in, kalaupun nebak, seringkali gw salah, sering. Tapi kalau pelajaran lain, misal Fisika, gw lupa gimana cara nyari gaya listrik, gw masih bisa cari cara lain, pake hubungan gaya listrik dan medan listrik, misalnya. Begitu juga pelajaran Mate. Mau ga mau, gw juga harus ngeluangin lebih banyak waktu buat pelajaran yang hitung2an. Dan Alhamdulillah, dikesempatan TO yang kedua, nilai Fisika gw bisa di dongkrak, walaupun nilai biologi gw terjun payung. Yaampun, ternyata ga semudah itu ya mnyeimbangkan kemampuan?Gw bener2 harus berkutat sama apa yang sebelumnya gw ga suka, dan ngeluangin waktu buat semua itu, dan sedikit mengorbankan apa yang gw suka" Sebelum terlambat, gw harus ngubah sugesti "Gw ga suka pelajaran ini, pelajaran itu." Dan setelah gw meluangkan waktu lebih buat Fisika, alhamdulillah gw udah mulai punya kesenangan sendiri buat pelajaran ini, kyk ternyata serunya nguraiin gaya, vektor, dll. Tapi gw menemukan 1 masalah lagi,MATE IPA, oke untuk mate ini mungkin emg paling beda dari yang lain. Gada unsur hapalan sama sekali, dam semua full nalar dan tingkat kesulitannya jauh dari MATE DASAR. Dan lagi lagi gw hrs nyari solusi lagi buat ini.
Akhirnya, semua keadaan ini menuntut gw buat positive thinking dan ga membatasi diri, bahkan kalau perlu, gw ga perlu tau batasan diri gw sekarang ini ada dimana, karena itu cmn bakal bikin gw makin membatasi diri.Dan gw yakin semua ini ada jalan keluarnya, dan gw yakin ga cuman gw yg berpikiran kyk gtu, pasti semuanya, walaupun cmn dalam hati kecilnya. Dan yang ga boleh gw lupa, gw yakin pertolongan Allah itu dekat, dan yang bisa nolong gw saat hari H itu hanya Dia. Setelah gw ceritain sedikit ttg keluhan gw ke temen gw, dia cmn ngasih solusi buat berdoa, dan nyeritain pengalaman dia yang mungkin wkt itu pernah ngerasain kekuatan Doa...Alhamdulillah, mungkin wkt itu gw ngeluh ke orang yang benar, hehehe ;)
Terakhir lagi, mungkin hal2 diatas masih terlalu dini buat diceritain karena sebenernya ini masih awal bgt. Gw cmn pengen nulis kyk gtu buat pengingat gw aja, dan sbenernya sedikit terganggu oleh pikiran kalau "kemampuan gw cuman segitu gitu aja". Mudah2an nggak, gw cmn masih sangat kurang belajar, dan berdoa mungkin. Mudah2an liburan kali ini bisa dijadiin buat waktu evaluasi diri jg supaya nanti pas jd mahasiswa udah bisa lebih dewasa lagi, dari tempaan yg terselubung di liburan yang panjang ini. Dan buat siapapun yg baca blog ini, gw..minta doa nya ya. Smg kita sukses bareng2, dan dlm beberapa bulan ke depan sudah ada di tempat terbaiknya masing2, Aamiin :)

No comments: