Saturday, July 27, 2013

PascaSBMPTN (I)

Akhirnya berlalu juga 2 hari itu. Sampailah akhirnya hari ini, H+1 SBMPTN. Hari yang seharusnya jadi hari tenang gw abis menghadapi SBMPTN, lagi-lagi harus ke sekolah buat ngurusin surat surat kelulusan. Gw yakin banget pasti pada bahas bahas, ga bisa ngga kayaknya. Dan saat itu bagi gw pertanyaan, "Gimana, Bal?" jadi sesuatu yg sensitif bgt. Gw cuman bisa bales dengan cengengesan, minta doa. Soalne kalo diceritain juga panjang, pasti gw juga bakal ngeluh, dan takut banget bakal keluar kata-kata semacam "Gw ga bakal diterima kayaknya.."

Tapi akhirnya gw ceritain ke beberapa temen. Mungkin gw ngeluh, semacam "Susah banget...", "Takut siah..." tapi selalu gw tambahin di akhir kata "...semoga ada keajaiban." Kali ini udah ga kayak jaman SNMPTN Undangan. Walaupun hopeless banget, gw bener-bener berdoa bakal terjadi keajaiban. Gw berusaha ga ngebayangin kalo gw ga diterima. 
Yang gw bayangin cuman rencana-rencana gw bakal gmn kalo gw kuliah di Bandung (ini pilihan pertama gw, dan gw berharap banget), rencana hidup di kota Malang (kayaknya bakal asik banget, mungkin bisa kondusif juga karena suasana kota nya enak, setahu gw), gmn rasanya kalo gw kuliah jauh banget ke Palembang (hmm, boleh juga). Atau gmn kalo gw dapet FK tapi di kampus yang ga gw sangka-sangka, apa harus gw jalanin atau coba tahun depannya lagi?Tapi akhirnya gw putusin harus tetep FK dan dimanapun dapetnya, PTN atau PTS, harus gw harus jalanin

Hari hari itu gw sebenernya sering nyeritain gmn rasanya ngisi SBMPTN dikit, padahal biasanya TO bisa lebih banyak dari itu, tapi ga ke semua orang. Waktu itu di NF lagi belajar buat SIMAK, gw akhirnya cerita ke temen gw, Elian (Elian Devina) temen seperjuangan kelas intensif SIMAK jg tp udah diterima FK UNS.Kira2 gw ngomong gini, 

Gw : "Emang masih ngaruh ya doa gw walaupun udah dijalanin tes nya?"
Elian :"Ngaruh lah,Bal.....Bisa aja jawaban lu yang salah jadi ga kebaca kan lumayan cuman ngurang 4 poin jadinya, bisa aja LJK lu yang sebenernya rusak, tapi karena doa lu jadi kebaca, pokoknya ga ada yang ga mungkin...*sambil nyeritain gmn pengalaman dia sampe akhirnya diterima FK UNS lewat SNMPTN Undangan*"
Gw : "Oh, iya juga sih..." Thanks banget lah pokoknya, mudah-mudahan ada keajaiban, Aamiin.

Dan beberapa orang gw sampein cerita yang sama , cuman buat denger respon yang sama, "Ga ada yang ga mungkin kok...Emang tahun ini susah soalnya."

Dan juga percakapan lainnya yang ga bakal lupa, waktu itu lagi di angkot, perjalanan mau cucurak-kan sama temen2 sekelas, ngobrol sama Regia (Regia Purnama)

Gw :"Takut siah SBMPTN..."
Regia : "Iya, gw dapet paket soal yang paling susah, Bal. Gw Biologi berharap minimal bisa dapet 30 lah, tapi ga nyampe. Kemaren abis SBMPTN ngobrol sama Mba Encah (guru Biologi di tempat les), katanya soal ini ada di Campbell jilid sekian, yang itu ada di Campbell jilid sekian...Emang parah banget kok Bal tahun ini susahnya, lu sendiri gmn?" temen seperjuangan gw ini emang dapet paket soal yang paling ga manusiawi dari paket soal yang lainnya, kita akui.
Gw : "*speechless* Gw,..cuman ngisi Mate IPA 2, 1 bener, 1 salah...Alhamdulillah yang lainnya ga parah parah banget tapi ngisi ga sampe 10...mudah-mudahan ada keajaiban."
Regia : "Wah, Bal. Kok gitu ya?Orang orang kyknya pas SBMPTN-nya malah turun progressnya. Padahal biasanya kan lu yang selalu bilang ke gw "Yang penting hari H nya!" ?
Gw : "*Jleb*...Yaah..berarti rezeki gw emang segitu buat SBMPTN.."
Regia : "Iya, Bal gw doain semoga kalo ga dpt FK Unpad digantiin sama yang lebih baik, syukur2 dapet FKUI, kalau gw jg dapet UI (Aamiin) kita bisa kuliah bareng lagi."
Gw : "Aamiin"
Hari hari itu juga akhirnya gw juga nyocokin kunci jawaban. Dan kalau dipersenin yg gw dapet sekitar 42,9% - 45% (soalnya kunci jawaban beberapa bimbel ada yang beda, ada yang menguntungkan ada yang merugikan, apalagi bahasa..). Dan buat masuk FK...segitu..ga cukup banget. Tapi gw tetep ga putus asa soalnya temen2 juga dari semua yg gw kenal, paling besar dapet 51 %. Tetep gak ada salahnya berharap banyak. Dan yang harus tau banget, menurut gw tiap paket SBMPTN tingkat kesulitannya beda beda, ga adil sih rasanya. Segini pun gw udah dapet paket yang relatif gampang dibandingin temen2 yg lain, tapi rezeki gw tetep cmn 40%-an dapetnya. Makanya berdoa supaya dapet paket soal yang gampang&soal sesuai sama yang dipelajarin juga perlu kayaknya.

Akhirnya hari hari berikutnya gw jalanin dengan rutinitas yang sama kayak hari hari sebelumnya. Cuman rasanya lebih plong, dan juga ngeliat temen2 yang mau masuk FK kyknya juga makin semangat, soalnya kali ini kita bakal ngehadepin SIMAK, dan ini jalan terakhir buat masuk FKUI. Gw tetep belajar mati2an, tetep sampe begadang2 jg, soalnya kalo sama sekali ga keterima FK gw tetep harus kuliah, dan gw pengennya kuliah, kalo selain kedokteran, di UI, biar ga jauh, tapi doa gw cmn supaya keterima di pilihan 1 SIMAK, FKUI. Dan khusus di SIMAK gw nyantumin 3 pilihan, ga lebih ga kurang. Dan Alhamdulillah tahun ini banyak Ujian Mandiri di PTN2 luar Jawa Barat (tahun ini gada SMUP), gw juga udh daftar SPMB UIN, UM Undip, Utul UGM, SPMK UB. Di UIN sama Undip juga dengan sangat terpaksa harus nyantumin pilihan ke-2 gw karena ga bisa kalau ga nyantumin pilihan ke 2, tapi buat Utul UGM & SPMK UB gw bisa cmn nyantumin Pend. Dokter aja

Akhirnya SIMAK pun datang. Tetep ga bisa tidur H-1 nya, gw tidur kayaknya jam 3-an. Rasanya gw lebih semangat&optimis kali ini daripada SBMPTN. Bangun pun juga jadi seger 8) Gw menyimpulkan kalo ga ada korelasi antara waktu tidur dengan kualitas tidur. Jadi buat kawan2 yang juga susah tidur, berdoa aja biar tidurnya berkualitas. Mungkin gw tetep harus baca baca lagi tentang tidur, karna tiap orang beda beda.Hmm

Gw dapet lokasi SIMAK di sekolah gw, jadi lumayan rileks juga, ketemu lebih banyak temen-temen 1 sekolahan pula, dan yang jelas ini ga setegang SBMPTN. Gw masih bisa tawa-tawa n canda-canda sama temen2. Dan 'teng noong', bel pun berbunyi. Ternyata yang ngawas SIMAK pun guru sendiri.

Bedanya, kalau SIMAK jam pertama tesnya Kemampuan IPA dulu, waktunya jauh lebih lama, 2 jam. Buat penghilang males ngitung di setiap lembar gw tulisin "FKUI". Ternyata ada 1 atau 2 soal yang sama persis pernah gw kerjain. Mungkin buat FKUI gw ngisinya minim banget (Mate IPA cuman bisa 4), tapi at least, gw bisa ngerjain "lebih" dari SBMPTN. Menurut gw, entah mungkin karena tegang, SBMPTN 2013 soalnya agak lebih jahat daripada SIMAK UI 2013..menurut gw lho...'teng noong' bel pun berbunyi. Entah kenapa rasanya semangat, jujur. It feels better than SBMPTN. Temen-temen juga mengakui gitu.

Terus lanjutlah ke dasar...Dan..dor..soalnya agak lebih susah dari TO biasanya, dan SIMAK tahun sebelumnya...dan gw tau banget akhirnya kenapa banyak orang yang down abis ngerjain dasar, bisa jadi karena ekspektasi kita kalo soalnya bakal gampang. Jadi thx banget buat SIMAK UI, udah ngasih kemampuan IPA duluan. Mungkin kalau dikasihnya kemampuan dasar duluan bisa bikin gw down duluan juga.

Beres SIMAK gw dkk pengen memanjakan lidah, sekali sekali lah, udah lama banget, biasanya kita cuman makan di warteg terdekat tempat les hehe. Abis SIMAK juga rasanya makin plong. Akhirnya Gw, Okep, Nabiel, Haekal, Timo, Regia cabut ke Bogor Permai. Di perjalanan ke Bogor Permai, gw nebeng motornya si Okep, sambil ngobrol2 n bahas2 dikit

Gw :"Kep, gw tadi mate gada yang ngisi ampe 10 lagi, Mat IPA cmn 4, Mat Das dapet 6, lu gmn?"
Okep : "Gw Mat Das isi 11...Gw pusing banget siah padahal."
Gw : "Wah.."
Okep : "Tadi ada sekitar 5 menit gw cape mikir, mungkin kalo gw pake 5 menit itu gw bisa dapet lebih.."
Gw : "Kep...Kok bisa...gw rasanya..udah maksimal banget, manfaatin waktu 2 jam ga ada males2 sama sekali...udah belajar mati2an...kenapa ga bisa sebanyak lu...Ah! Mungkin emang rezeki gw kali ya ngisi segitu...untung lu bukan saingan gw.."
Okep : "Slow Bale, FKUI lah didoain."
dan selalu omongan kayak gitu bisa bikin gw diem. Aamiin

Akhirnya kita sampe ke Bogor Permai, memanjakan lidah, bahas bahas soal dikit lah, tapi akhirnya biasa-biasa aja. Kebanyakan temen-temen gw pada pengen masuk ITB, terus sebagian dari mereka pilihan selanjutnya ITS, jadi kyknya mereka woles banget ngerjain soal SIMAK, ngisinya ternyata jauh lebih banyak dari gw, yang mau ngisi banyak juga was was...kalo kata mereka sih "Nothing to lose...kesempatan terakhir masuk ITB cuman pas SBMPTN kemarin, rasanya beda buat perjuangin apa yang bener-bener pengen sama yang ga bener-bener pengen." Kembali lagi, tiap orang beda-beda strateginya, jangan kepengaruh jg sama kyk gitu, kalo masih dikasih kesempatan buat perjuangin cita-cita, tetep harus maksimal sampe tes-tes berikutnya.

Dan akhirnya SIMAK pun beres. Kesimpulan : Gw sangat berharap diterima pilihan 1 SIMAK, sangaat sangaat berharap. Dan dengan inget pilihan 1 SIMAK (FKUI) pun bisa bikin gw semangat ngejalanin tes tes berikutnya. 

No comments: