Tuesday, August 6, 2013

Semua yang Gak Sesuai Rencana

Akhir-akhir ini lagi sering banget blogwalking, tumblr-walking, dan kepo (Knowing Every Particular Object). Yang gw cari sebenernya cerita-cerita n pengalaman calon-calon senior gw di kuliahan nanti. Gw penasaran gimana sistem belajar disana, cari-cari info dikit tentang ospeknya gmn, bahan ajar darimana, lulusannya siapa aja & tersebar dmn nya, lagi ada masalah apa aja, ada organisasi/ UKM apa aja yang enak buat diikutin. Tapi intinya gw cmn pengen tahu ngapain aja kuliah kedokteran sekarang ini, kalo nanya orang tua ceritanya mungkin udah beda, terus mau ketemu kakak kelas yg udh duluan kuliah kedokteran jg jarang, jadi gada cara lain selain nyari-nyari di internet (blog orang). Sebenernya agak susah sih, tnyata ga banyak juga yang sharing di blog (gw cmn nyari senior yang sealmamater aja), nemu sekitar 2-3 blog yang bagus dan langsung gw "Bookmark" biar bisa stay tune buat bbrp saat haha.

Akhirnya gw udah nyusun rencana mau ngapain aja, gmn gw bakal belajar, apa aja yang bakal gw kejar dan kalo gw gagal di suatu "kesempatan", apa yang bakal gw lakuin selanjutnya, dll. Dan tiba2 semalem sebelum tidur mikir, "Lho, kayaknya waktu mau masuk SMA gw juga ngelakuin hal yang sama, baca-baca blog kakak kelas/alumni, bikin rencana ini itu...tapi..."

Ya,iya banget tiba2 gw inget masa-masa baru masuk SMA. Sebenernya waktu itu rencananya gak sebanyak dan se well-organized yg sekarang.

Salah satu rencana gw pengen masuk salah satu organisasi di SMA gw, ya mungkin gw sebut aja "Organisasi Kesiswaan" kali ya, karena mungkin emg itu organisasi bwt mewadahi siswanya walaupun ternyata cakupan kerjanya luas banget. Gw udah denger, dan juga baca2 gmn reputasinya saat itu dari sumber-sumber yang ada (temen, internet) berhubung SMP dan SMA gw itu sebelah-sebelahan, kabar2 dari SMA ini udah ga asing lagi di telinga. Gw juga mau masuk salah satu "Organisasi Kepanduan"-nya juga karena penasaran gmn sih rasanya.

Rencana yang lain, mungkin ini pas baru diterima, atau pas udah mulai tau kalo ada SNMPTN undangan, "Gw mau masuk 10 besar kelas."

Mungkin 2 rencana itu sih yang paling umum dan mantep (awalnya), karena gw mikirnya dengan ikut organisasi bakal dapet segudang pengalaman. Dan kalo gw masuk 10 besar kelas, gw bisa lolos SNMPTN undangan, minimal ada prestasi juga di kelas

Tapi ternyata, gw pikir lagi semalem, ternyata banyak banget, bahkan hampir semua rencana-rencana gw dulu gak terealisasi waktu SMA. Gw sm sekali ga ikut "Organisasi Kesiswaan" itu. Di saat gw udh hampir jadi anggota "Organisasi Kepanduan" itu wkt kelas 10 (karena op-rec nya dibuka duluan), gw udah ga berencana lagi buat join yang lainnya. Dan akhirnya, yaudah gw cmn ikt organisasi kepanduan itu, tambah beberapa ekskul lain. Kelas 11 juga gw ga ada rencana buat ikut2 yg lain lagi, tapi ternyata gw nambah ekskul yg "Semiorganisasi".

Terus rencana buat dapetin 10 besar di kelas, lebih gagal lagi. Emang awalnya mantep banget, tapi pelaksanannya kalo dikasih nilai 0-10, gw kasih nilai 3 kali ya. Nyatanya banyak banget distraksi disini, awalnya gw pikir ga tralu penting akademis, tapi akhirnya gw baru sadar kalo itu semua harus seimbang pas kelas 11 akhir. Dan supaya itu semua bisa seimbang, harus ada pengorbanan (misal : jam tidur yang minim). Ternyata ada juga orang yang walaupun sibuk tapi tetep bagus akademiknya. Ya, gw ga ngelakuin yg namanya "pengorbanan" itu. Gw baru ngukur2 kemampuan pas kelas 12. Dulu, pas kelas 10, 11, kalo mau ulangan (ambil contoh : fisika) gw belajar cmn H-1, atau bahkan H-beberapa jam (pas subuhnya), dan hasilnya, gw remed terus (ga nyampe 5 kali gw gak diremed).
Pas kelas 12, gw coba bener-bener belajar fisika (sampe begadang-begadang), dan akhirnya gw ga diremed, dan itu pun masih dapet nilai antara 7-8. Tapi ada yang paling miris waktu itu mau ulangan Listrik Statis, gw udah cape banget sekolah+les, gw babatin begadang buat belajar, tapi nilai gw cmn 45. Oh, segini toh kemampuan gw saat ini. Tapi yaudahlah...akhirnya gw cmn 1 kali masuk 10 besar, pas kelas 12 semester 1. Mungkin karena saat itu keadaan bener-bener menuntut gw buat belajar bgt, dan gw juga lagi semanget banget buat belajar (dibandingin kelas 10-11).

Dan inget semua itu, "Haha!" .Klasik sekali rencana-rencana gw dulu. Nyaris semua gak terealisasi. Tapi ternyata apa yang gw jalanin selama SMA jauh lebih indah bro dari apa yang sekadar gw rencanain. Ternyata gw dapet jalan ceritanya sendiri dari masa-masa SMA gw, yang bahkan ga ada sama-samanya sama sekali sama apa yang pernah gw baca di blog2 kakak kelas dulu.

Gw pikir, dengan menyibukkan diri dalam kepanitiaan, rapat-rapat, dan sejenisnya yang berhubungan sama organisasi, bakal bikin masa-masa SMA tuh indah dan seru banget. Emang iya sih, jujur kerasa banget manfaatnya, dan bakal kepake nanti di kehidupan sehari-hari kedepannya, pokoknya penting banget lah aktif di organisasi & ekskul selama masa SMA. Tapi nyatanya, apa yang selalu dipikiran gw selepas lulus dari SMA bukan itu. Di waktu-waktu senggang gw...hampir ga pernah mikirin lagi rasanya gmn jadi panitia acara ini, seksi itu, ikut rapat, atau apalah...
Yang paling gw kangenin dari SMA sekarang tuh...semua rutinitas-rutinitas sederhana gw yang dulu gw lakuin, hal-hal kecil yang dulu kyknya gada artinya.

Makan bekel bareng di kelas, makan rame-rame di kantin, duduk duduk ramean di tempat seadanya deket masjid usai shalat sambil pasang sepatu dan cerita2 "ada kejadian apa aja tadi di kelas" masing-masing, ngadem di masjid kadang sambil ngobrol2 sama temen...atau kalau lagi sendiri cmn duduk duduk di masjid sambil sok sok buka hp, ngobrol sama guru dan warga sekolah lainnya (walaupun ga sering2 bgt), tukar pikiran sama temen di koridor/tempat duduk pinggiran koridor, kantin, masjid, bahkan angkot kalau pulang bareng temen, nungguin hujan lebat di masjid dan ngobrol sama temen-temen yang juga lagi nungguin hujan reda....nyalin pr dari temen, nyari2 waktu tidur di kelas, main sama temen, dan semua aktivitas spontan lainnya yang gw lakuin....emang kuliah bakal bisa ngelakuin itu semua lagi?
.....dan juga bisa ketemu sm temen-temen yang ga di sangka-sangka, yg ga pernah sekelas atau seorganisasi/ekskul, tp akhirnya bisa kenal baik, dan semua hal yg bisa bikin gw semangat buat berangkat ke sekolah & sekadar berlama-lama di sekolah dan sekitarnya...trs yg paling diluar dugaan lagi gw ketemu temen-temen main sepeda (padahal gw ga gimana2 bgt sm "sepeda" nya sendiri, gw cmn seneng sepedahan barengnya aja), dan akhirnya yang ga kalah berkesan itu bisa dapet pengalaman ngejar Perguruan Tinggi sama temen2......dan....lain lain yang ga bisa gw sebutin satu-satu..........

Tapi intinya, gw nulis posting ini buat pengingat gw aja. Barangkali gw udah bikin banyak rencana buat kuliah & hidup nanti, tapi khawatir suatu waktu gw kecewa karena gagal atau rencana-rencana itu ga bisa terealisasi, gw bisa baca postingan ini lagi dan inget kalau "Semua akan indah pada waktunya."

"If today I lose my hope please remind me that Your plans are better than my dream"
Rencana Allah insya Allah lebih baik daripada rencana kita

dan satu hal lagi, ternyata buat bahagia juga ga semua rencana harus terpenuhi. Semoga #BahagiaItuTetapSederhana

Semua hal diatas ga pernah tertulis di rencana "SMA" gw, bahkan ada yang ga pernah kepikiran.Walaupun nyatanya bnyk yg g sesuai rencana, walaupun banyak target yang ga terpenuhi,  Tapi rasanya masa-masa SMA gw berkesan bgt, bahkan kyknya ini 1 "stage" kehidupan gw yang paling berkesan. Sampe skrg masih sering nginget2 hari-hari gw di SMA, terutama yang gw tulis italic di atas (mungkin karna gada kesibukan juga kali sekarang)............kangen lah pokoknya.

Gw berharap semoga masa-masa kuliah gw bisa jauh lebih berkesan dari masa-masa SMA. Semoga bisa belajar jauh lebih banyak, dan ketemu lebih banyak orang-orang yang bisa bikin semangat hidup, dan pastinya orang-orang yang selalu bikin inget sm Allah. Mudah-mudahan, Aamiin.

Cc : SMA Negeri 1 Bogor 

dan calon tempat kuliah gw.

2 comments:

Putra Mahendra said...

Ditinggalin rekan seperjuangan yg lolos ke OSN, ga keterima Undangan,ga pernah rangking 1, ga sukses ngejalanin KIR sebagai wadah ilmiah dan cipta karya, ga loyal di semua ekskul,memang segalanya tak sesuai rencana awal masuk kelas X. Namun,bagaimanapun juga rencana-Nya jelas lebih indah

Ahmad Ikbal said...

gw......ditinggalin kalian ber4 pas OSK -__- *salah sendiri ga dateng* *masih nyesel sampe skrg ga serius wkt itu* .. Aamiin...semua bakal indah pada waktunya