Sunday, November 9, 2014

Pengabdian Masyarakat FK UB 2014

Nah terus sampailah di hari H Pengabdian Masyarakat FK UB 2014. Saya harus datang jam 03.00 dini hari di FK UB untuk briefing panitia dan pastinya di setiap awal acara harus ada GCU (General Check Up), yang di cek bukan status kesehatan, tapi barang bawaan dan pakaian.
Acara ini dibuka sekitar pukul 07.00 dan dihadiri sekitar 700 mahasiswa FK UB dari 6 jurusan pada apel pagi.

Setelah acara dibuka, peserta dimobilisasi menuju ke truk-truk TNI untuk berangkat ke Desa Sumberngepoh. Perjalanan dari Malang ke Lawang cukup lancar, dan kami semua tiba tepat waktu.
Di Desa Sumberngepoh, kami juga harus langsung berkumpul lagi di lapangan pusat untuk apel dan mendengarkan sambutan-sambutan dari perangkat desa. Selesai apel kami langsung di mobilisasi menuju regio masing-masing, lalu dikumpulkan di basecamp regio, dan menuju rumah induk semang masing-masing.

Di Penmas FK UB ini ada banyak sekali kegiatan :

Dari sektor acara ada Ramah Tamah, Sumberngepoh Runway, Pasar Murah, Senam Pagi Bahagia (Senia), Tunggu Tonton Baca (TuToBa), Malam Keakraban (Makrab), Kerja Bakti Regio (Kebar), Bakti Sosial (Baksos), Untukmu Inangku

Dari sektor pemeriksaan medis (pemdis) ada kegiatan Bina Keluarga Sehat (Binkes), Penyuluhan Kesehatan (Petan), Dokter Kecil dan Pelatihan Kader Remaja (Dokcil & Tander), Pengobatan Gratis (Petis); Konsultasi, Edukasi, dan Pengobatan Gigi Gratis (Sindengitis); Sentra Edukasi dan Pemeriksaan Ibu-Anak (Sepia)

Dari sektor Rohani Islam ada Ayo Diskusi, Pelajari Al-Qur'an Secara Mudah dan Indah (Plasmid), Tabligh Akbar, Gebyar Lomba-Lomba Islami (Gebyar Lomlami), Share Keperluan Shalat (SKS). Rohani Kristen ada Opening Worship (Opor), Nonton Bareng Rohani Kristen (NONIK), Morning Devotional (Mode), Sharing Together (Shatter), Game dan Ice Breaking, Sekolah Minggu Ceria (Seguca). 

Rohani Katolik ada Ice Breaking, Rosario, Rohani Seni (Ronsen), Meditasi Alam (MedTal), Shanter, Gaes, MarTaBaT.

Rohani Hindu ada Persembahyangan Bersama (Matur Piuning), Tri Sandya, Sharing, Nonton Bareng, Games, Diskusi, dan Tukar Kado.

Rohani Buddha ada Ibadah Sore/Malam, Ibadah Pagi, Ibadah Siang, Ibadah Sore

Nah jadi saya nggak akan ceritakan satu-satu karena emangnya ada yang mau baca, selain orang atau adik tingkat yang kepo maksimal?Haha
Jadi disini lebih mau ceritain tentang hal-hal berkesan selama Penmas ini

1. Kegiatannya padat banget. Jangan dibayangkan seperti turun desa atau kegiatan pembelajaran ke desa zaman-zaman SMA dulu, karena itu ekspektasi saya seperti itu, Fun. Penmas FK UB ini juga fun kok, tapi disini seluruh peserta dan panitia ada dalam rangkaian pembinaan mahasiswa baru, jadi setiap kegiatan ada penilaiannya dan berbagai macam ketentuan. Penmas FK UB ini bukan acara yang menjadikan pesertanya layaknya "Jika Aku Menjadi..." Disini peserta Penmas ada dalam kegiatan pembinaan karakter, pembelajaran, sekaligus (sedikit) pengabdian kepada masyarakat. Bahkan kegiatan seperti ini belum bisa dibilang sepenuhnya "pengabdian masyarakat" karena kapasitas mahasiswa semester 2 masihlah sangaaat terbatas. Jadi yang melakukan tindakan di desa Sumberngepoh adalah tenaga-tenaga kesehatannya langsung, sedangkan mahasiswa adalah fasilitator dan yang menyiapkan yang diperlukan.

2. Gempor. Acara Penmas ini dikemas secara formal, jadi seluruh peserta dan panitia penmas harus mengenakan pakaian yang formal pula, termasuk sepatu pantofel. Regio saya berjarak kurang lebih 10 menit perjalanan (jalan kaki) kalau ramai-ramai dari basecamp pusat. Kendaraan bermotor nggak boleh dipakai setiap saat. Tapi berhubung saya panitia dan terkadang harus ada urusan di basecamp pusat saat waktu kosong saya harus berjalan lebih banyak dan cepat, takut-takut ada keterlambatan di acaranya, ditambah pakai sepatu pantofel, hmmm...




Bersama Induk Semang

3. Bangunin peserta setiap jam 3 pagi selama 3 hari. Yap, karena saya dari sektor acara sayalah yang bertanggung jawab atas (jadwal) bangun dan tidurnya peserta. Tapi yang jelas saya gak sendiri saat itu, berdua lah, tapi bagi tugas, jadi akhirnya tetap sendiri ketok-ketokin pintu rumah. Rasanya awkward banget kalau boleh jujur, haha, karena harus melihat ekspresi baru bangun tidur teman-teman sendiri harus (terpaksa mungkin :D) bangun setiap jam 3 dengan bermodalkan ketokan pintu rumah, atau kadang yang punya rumah mempersilakan saya masuk buat langsung ketok kamar nya. Hmmmm

4. Jadi MC! Yap, ini pengalaman pertama saya jadi MC di acara Tabligh Akbar, bersama salah seorang rekan dari sektor rohani. Hmm yaa kalau saya sih nggak asik-asik amat nge MC, yang penting sesuai prosedur dan bisa basa-basi dikit, kalau lawak-lawak masih belum bisa lah. Haha

5. Jadi PJ Regio 10. Ya menurut saya ini salah satu yang berkesan, saat hari H penmas saya jadi PJ Regio dari sektor acara (1 regio sekitar 60 anak), jadi pas hari H saya nggak terlalu gimana-gimana sama rangkaian kegiatannya yang penting peserta regio 10 bisa mengikuti kegiatan sesuai waktu yang sudah dialokasikan, menjawab pertanyaan dan kebingungan, atau protes peserta penmas. Haha, tapi itu wajar aja soalnya kalau saya di posisi peserta pasti melakukan hal yang sama.

Regio 10-Desa Sumberngepoh

Lalu acara Penmas ini pun ditutup pada tanggal 17 Agustus 2014. Kita balik lagi ke FK UB naik truk TNI, lalu apel sebentar, dan Penmas FK UB 2014 pun selesai!

Regio 10-FK UB

Terus kita kumpul sama sie. masing-masing. Saya kumpul sama sie. acara penmas 2014 hehe terus terjadilah unyu moment, ya pokoknya teman-teman dari sie. acara banyak yang nangis karena emang banyak bgt tekanan selama menjalani kepanitiaan ini. 9 bulan setiap minggu selalu ketemu buat ngurusin penmas, banyak yang udah dikorbanin buat ngurusin penmas.
Tapi setelah penmas beres kami pun bebas, mungkin abis ini pada sibuk masing-masing, ya, termasuk saya ingin banyak mencoba hal-hal baru setelah ini ! :D

Makasih untuk Penmas 2014 nya FK UB.
Yap, dan especially to sie. acara
 

Sie. Acara Penmas 2014
Arsya Al Ayubi - Pendidikan Dokter 2013
Maria Princessa - Gizi Kesehatan 2013
Alam El Yaqin - Pendidikan Dokter 2013
Andrik Hermanto (Andrik) - Ilmu Keperawatan 2013
Afifa Yulfina (Ipeh) - Gizi Kesehatan 2013
Aulia Aza Fuadiputri (Asa-AuLia cii sTran9e beRRy) - Farmasi 2013 - Psikologi Unair 2014
Alif Fanharnita Briliana (Alif) - Ilmu Keperawatan 2013
Saskia Diva Kamila (Saskia-saskiamanis@gmail.com) - Pendidikan Dokter 2013
Ayu Kurnia Dovyanti (Nia-Bude) - Gizi Kesehatan 2013
Inten Try Wahyuni (Inten) - Ilmu Keperawatan 2013
Angela Putri Bunga (Bunga-Kembang-Flower) - Pendidikan Dokter Gigi 2013
Siti Rizky Amalia (Lia-Siti) - Pendidikan Dokter Gigi 2013
Raehani Ajeng (Jengski) - Pendidikan Dokter 2013
Kadek Elyastari Dewi (Ely) - Kebidanan 2013
Faradilla Kharismatinissa  (Fara-Keceng) - Pendidikan Dokter Gigi 2013

Semoga acara Penmas FK UB ini tetap menjadi acara turun temurun, karena ini adalah salah satu momen dan kesempatan utk mengenal sejawat-sejawat tenaga kesehatan dari berbagai bidang keahlian, bekerja dan belajar bersama, agar di masa depan kita semua bisa berkolaborasi dengan baik.

Sekian cerita tentang Pengabdian Masyarakat nya #2014Moment

No comments: